Inkuiri Apresiatif (Appreciative Inquiry) adalah sebuah pendekatan sistematis yang berfokus pada kekuatan, keberhasilan, dan potensi positif dalam sebuah organisasi atau komunitas. SMAS Darul Falah Enrekang pada TA 2024 memperoleh BOS Kinerja yang kedua kalinya dan salah satu program adalah P5 dengan Tema Gaya Hidup Berkelanjutan dan Topik Taman Ilmu. Di salah satu sudut pekarangan sekolah masig terdapat lahan yang belum tertata, dan bagaimana langkah solusi melalui pendekatan tahapan Inkuiri Apresiatif sehingga terealisasi Taman Ilmu dengan 2 Gazebo dengan taman bunganya.
Define (Mendefinisikan)
“Sudut sekolah kita terlihat kurang menarik dan kurang terawat. Banyak sampah berserakan dan tanaman terlihat layu. Padahal, sudut ini memiliki potensi yang sangat baik untuk dijadikan tempat yang lebih produktif dan menyenangkan. Bayangkan jika sudut ini bisa menjadi ruang belajar yang nyaman dengan udara segar dan pemandangan yang indah.
Bagaimana jika kita mengubah sudut ini menjadi gazebo yang dilengkapi taman?
Dengan begitu, kita bisa belajar sambil menikmati keindahan alam.”
Discover (Menemukan)
“Mari kita mulai dengan mengamati sudut sekolah ini lebih dalam. Apa saja yang kita suka dan tidak suka dari sudut ini? Apa saja potensi yang belum tergarap? Kita bisa melakukan survei kecil-kecilan dengan bertanya kepada teman-teman tentang apa yang mereka harapkan dari sudut ini. Mungkin ada beberapa teman yang memiliki ide-ide menarik untuk pengembangan sudut ini.”
“Dari hasil pengamatan dan survei, kita menemukan bahwa:
- Sudut ini memiliki potensi perluasan ruang gerak bagi siswa.
- Tanah di sekitar sudut ini masih subur dan pohon mangga yang tumbuh menjadi perindang.
- Banyak teman yang menginginkan tempat belajar yang tenang dan nyaman.
- Sudut ini bisa menjadi tempat berkumpul yang menyenangkan.”
Dream (Memimpikan)
“Jika sudut ini sudah berubah menjadi gazebo dan taman belajar, seperti apa ya kira-kira?
- Gazebo yang didesain dengan kayu dan atap senada bangunan sekitar.
- Taman yang berisi berbagai macam tanaman hias dan buah-buahan.
- Tempat duduk yang nyaman yang cukup untuk beberapa orang.
- Gazebo dilengkapi lampu sehingga bisa dimanfaatkan untuk belajar dengan suasana yang hangat di malam hari.
- Tempat sampah yang tersedia di beberapa titik agar lingkungan tetap bersih.”
Design (Merancang)
“Setelah kita memiliki gambaran yang jelas, sekarang saatnya kita merancang gazebo dan taman belajar ini. Kita bisa membuat sketsa atau model 3D untuk memperjelas desain kita. Selain itu, kita juga perlu mempertimbangkan beberapa hal berikut:
- Anggaran: Berapa biaya yang dibutuhkan untuk membangun gazebo dan taman ini?
- Material: Bahan apa yang akan kita gunakan untuk membangun gazebo dan taman ini?
- Tenaga kerja: Siapa saja yang akan terlibat dalam pembangunan gazebo dan taman ini?
- Perawatan: Bagaimana cara merawat gazebo dan taman ini agar tetap indah dan bersih?”
Deliver (Melaksanakan)
“Setelah desain selesai, saatnya kita mulai melaksanakan proyek ini. Kita bisa memulai dengan membersihkan area sudut sekolah, memindahkan tanaman yang masih hidup, dan menyiapkan lahan untuk pembangunan gazebo. Kemudian, kita bisa mulai membangun gazebo dan menata taman sesuai dengan desain yang telah dibuat. Jangan lupa untuk melibatkan semua teman-teman dalam proses pembangunan ini. Dengan bekerja sama, kita pasti bisa mewujudkan gazebo dan taman belajar yang indah dan bermanfaat.”
Narasi Keseluruhan:
“Sudut sekolah yang awalnya terlihat kumuh dan tidak terawat kini telah berubah menjadi tempat yang indah dan inspiratif. Dengan semangat gotong royong, kita berhasil membangun gazebo dan taman belajar yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang dibutuhkan. Tempat ini tidak hanya menjadi ruang belajar yang nyaman, tetapi juga menjadi tempat berkumpul yang menyenangkan. Semoga gazebo dan taman belajar ini dapat bermanfaat bagi seluruh warga sekolah.”
Dengan mengikuti tahapan inquiri apresiatif ini, kita dapat menciptakan perubahan positif di lingkungan sekolah dan memberikan dampak yang baik bagi seluruh warga sekolah.