Beberapa hari terakhir menjelang akhir semester ganjil tahun pelajaran 2022-2023 bagi yang berprofesi sebagai guru tentu disibukkan dengan mengolah nilai setelah pelaksanaan Penilaian Akhir Semester (PAS) atau Sumatif Akhir Semester (SAS). Menilai dan mengevaluasi adalah diantara tugas melekat pada guru. Menurut UU No. 14 Tahun 2005 tentang guru dikatakan bahwa guru adalah pendidik profesioanl dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik.

Di era digital sekarang pelaksanaan penilaian sudah begitu beragam teknisnya antara lain menggunakan googleform dengan platform website sekolah, LMS, berbasis android atau berbasis kertas. Penilaian berbasis kertas saat ini sudah mulai ditinggalkan dengan pertimbangan efisiensi biaya dan dalam pengelolaan nilai lanjutan agak merepotkan. Walaupun begitu pada mata pelajaran tertentu ujian berbasis kertas sangat urgen dan tidak bisa tergantikan dengan teknologi digital. Berbagai teknis dan platform penilaian masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan sehingga kesemuanya kembali kepada guru dimana sesuai tugas guru yang terpenting adalah menilai dan mengevaluasi setelah mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan dan melatih.

Banyak aplikasi untuk memeriksa dan menganalisis jawaban soal pilihan ganda baik yang bersifat komersil di play store atau aplikasi karya kreatif guru yang dibagikan antar pendidik di internet. Salah satu aplikasi praktis untuk memeriksa dan menganalisis jawaban pilihan ganda adalah karya Bapak Margono, S.Pd yang dibuat di Microsoft Excel yang dapat diunduh melalui link dibawah.

UNDUH APLIKASI

Untuk menggunakan aplikasi setelah diunduh file (.xls) dibuka dan tampilan awal aplikasi sebagaimana gambar berikut

Sheet Pengantar menampilkan ketentuan menggunakan program antara lain jumlah maksimal soal, peserta, sel-sel pada lembar kerja excel yang diisi dan kreator aplikasi yaitu Margono, S.Pd. Sheet berikutnya adalah Registrasi
Pada sheet Registrasi dapat disikan data jenis ulangan, mata pelajaran, kelas/semester, jumlah siswa, jumlah soal, KKM sampai nama guru mata pelajaran. Langkah berikutnya adalah memasukkan jawaban ujian option A, B, C, D dan E pada sheet Input Data

Bagi guru yang membuat soal menggunakan googleform maka agar jawaban pilihan ganda bisa langsung di copy – paste ke sheet Input Data maka perlu pengelolaan awal sebagai berikut:

  1. Download dalam format excel terlebih dahulu jawaban pilihan ganda di drive tempat google form soal pilihan ganda dibuat
  2. Jawaban siswa yang masuk berdasarkan waktu, urutkan terlebih dahulu berdasarkan urutan nama di kelas/data dapodik. Bila soal digunakan beberapa kelas maka perlu filter data untuk memisahkan siswa perkelas
  3. Pada aplikasi sheet Input Data diketik nama siswa yang urutannya sama dengan urutan nama siswa di kelas
  4. Blok jawaban A, B, C, D dan E siswa keseluruhan kemudian klik Copy ( Ctrl C)
  5. Tempel hasil copy ke sheet Input Data dengan klik Paste Value agar tampilan aplikasi tidak berubah
  6. Isikan Kunci Jawaban sejumlah nomor soal yang diujikan di baris bagian atas

Setelah kunci jawaban diinput maka kita bisa mendapatkan nilai siswa pada sheet Nilai dimana tergambar jumlah nomor benar dan jumlah nomor salah. Pada sheet Rank tampil daftar peringkat siswa dengan perolehan nilai tertinggi seperti gambar berikut.

Yang menarik dari aplikasi atau program ini adalah kita mendapatkan pada sheet Analisis adalah laporan analisis butir soal diantaranya tingkat kesukaran, daya pembeda dan kriteria soal yang sudah diujikan.

Apakah soal yang diujikan masuk kriteria bisa digunakan, perlu revisi atau harus diganti tergambar pada hasil analisis. Termasuk evaluasi komposisi soal yang diberikan apakah sudah sesuai dengan komposisi tingkat kesukaran 50% mudah-30% sedang dan 20% sukar. Analisis berikutnya pada sheet Pengecoh ditampilkan distribusi banyaknya siswa dan persentase memilih option jawaban

Pada sheet Perbaikan berisi nilai awal dan bisa diketikkan nilai setelah perbaikan. Kelebihan aplikasi ini adalah pada sheet Nilai Akhir kita diberikan pilihan-pilihan sesuai kebutuhan penilaian guru.

Penilaian yang dilakukan oleh guru seperti Penilaian Harian atau Sumatif memungkinkan dilakukan remedial bila belum tuntas karena masih ada waktu tetapi penilaian yang dilakukan oleh satuan pendidikan seperti penilaian akhir semester, penilaian akhir tahun biasanya tanpa remedial. Dalam keadaan demikian maka memilih pengolahan Nilai Akhir menggunakan sistem konversi (pilihan no 4) memungkinkan mempermudah karena kita cukup mengatur nilai minimal dan nilai maksimal !

Silahkan klik link UNDUH APLIKASI. Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *